Ketua DPP PKB, Gus Yaqut Cholil Qoumas, Bicara Soal Isu KLB

19 April 2021 | Editor : Fudai

Foto: Dok. Biro HDI Kemenag

Jakarta, wb - Ketua DPP Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Yaqut Cholil Qoumas (Gus Yaqut) menyatakan Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) saat ini solid dan tidak ada masalah internal apa pun. Kendati akhir akhir diterpa isu Musyawarah Luar Biasa (MLB) PKB, yang menyita perhatian publik.

"Kami enggak mengerti, siapa itu yang ngomong (MLB). Saya ke sini (ke kantor DPP PKB) berarti solid kan, enggak ada apa-apa. Ini menunjukkan kalau PKB ini tidak ada apa-apa,” kata Gus Yaqut di kantor DPP PKB, Jl Raden Saleh No 9, Jakarta Pusat, dilansir JPNN.com, Senin (19/4/2021).

Baca Juga: Nissan Juke Disambar Kereta Api di Sidoarjo, Mobil Hancur, Korban Tewas di Tempat

Lantas Gus Yaqut meminta semua pihak tidak menerima secara mentah informasi terkait MLB PKB tersebut. Menurut pria yang sekarang menjabat sebagai Menteri Agama (Menag) itu, informasi yang beredar tidak dapat dipertanggungjawabkan. “Siapa yang dorong? Kader yang mana? Kan harus dicek dulu. DPC mana? Benar enggak itu DPC, jangan-jangan DPC-DPCan, jangan-jangan DPC yang dibikin," kata Gus Yaqut.

Dia mengklaim sudah berkomunikasi dengan salah satu nama yang diduga memicu isu tersebut. “Saya tidak tahu itu suara dari mana, dan saya sudah tanya Ahmad (Ketua DPC PKB Karawang, Ahmad Zamakhsyari), siapa itu, saya kenalnya Jimmy sih, bukan Ahmad. Dan dia mengklarifikasi, dia enggak pernah bicara itu,” ungkap Gus Yaqut.
PKB di bawah kepemimpinan Muhaimin Iskandar atau Gus AMI berhasil menorehkan prestasi yang cukup baik selama ini. Baik di kancah perolehan kursi parlemen, maupun di pemerintahan. Karenanya Dia mengaku geram geram saat ada segelintir pihak justru mencoba mengganggu soliditas PKB

“Ngarang saja, PKB ini partai paling solid dunia akhirat lho. Saya ngobrol dengan Cak Imin biasa saja. Ini yang publik tidak tahu, kok tiba-tiba dikesankan seolah-olah saya ini ada masalah atau sedang membuat masalah, enggak ada, wong PKB kompak," tuturnya.

Bagi dia politik tidak boleh hitam dan putih. Perlu dipastikan kebenaran sebuah isu, termasuk soal MLB. “Wong struktur di PKB lengkap, seharusnya dicek dulu,” kata Gus Yaqut. 

Sebelumnya, Sejumlah kader PKB diisukan ingin menggelar kongres luar biasa (KLB). Sebagaimana yang dinyatakan Ahmad Zamakhsyari. Latar belakang tuntutan itu, dinilai banyak pelanggaran anggaran dasar dan anggaran rumah tangga (AD/ART) partai.

Baca Juga: Ketua DPD RI Maklumi Desakan Pemekaran Provinsi Cirebon

Salah satunya, menurut Jimmy sapaan akrabnya, terkait penunjukan DPC. Selain itu, dia juga menuding mekanisme musyawarah wilayah (muswil) dan musyawarah cabang (muscab) kerap tidak dijalankan. 

"Bukan hanya AD/ART partai yang dilanggar, amanat muktamar Bali pun banyak yang dilanggar," kata Jimmy dikutip  Tempo,co.

(SDF)

Berita Terkait

Terbaru

KRIMINAL

Pembuat Hasil Swab Illegal Diringkus Jajaran Ditreskrimum Polda Jatim

Surabaya, wb - Subdit III Jatanras Direktorat Reserse Kriminal Umum (Ditreskrimum) Polda Jatim, bongkar sindikat dugaan pemalsuan surat keterangan bebas Covid-19. ...

Pelaku Kekerasan Terhadap Nurhadi, Wartawan Tempo, Pastikan Masuk Penjara

Surabaya, wb - Perkembangan kasus penganiayaa terhadap koresponden majalah Tempo, Nurhadi, terus bergulir, kasus tersebut melibatkan tersangka Bripka Purwanto dan ...

45 Orang Diringkus Beserta Sejumlan Senpi dan 5 Munisi Tajam di Jakarta Barat

Jakarta, wb - Polisi melakukan penggerebakan di Kampung Ambon Komplek Permata, Kedaung Kali Angke, Cengkareng, Jakarta Barat, Sabtu (8/5/2021). Kapolres Metro ...

Pelaku Ranmor di Jalan Banyuurip Ditembak Kakinya Setelah Berusaha Kabur

Surabaya, wb - Seorang pencuri motor ditembak kakinya oleh anggota Reskrim Polsek Sawahan, setelah gagal mencuri motor beat di parkiran Planet Gym, Jalan ...